OBJEK WISATA KOTA SUMBAWA

Beberapa orang  sering salah saat membedakan Sumba dengan Sumbawa. Sumba dan Sumbawa itu berbeda, loh! Sumba atau Pulau  Sumba itu adalah sebuah pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur sedangkan Sumbawa adalah sebuah Pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Nah di Pulau Sumbawa ini terdapat banyak sekali objek wisata yang harus masuk di dalam daftar tujuan liburan Anda semua. Yuks  kita bahas apa saja objek wisata yang wajib Anda kunjungi di Pulau Sumbawa..

1.      PULAU MOYO
Sejauh ini, tempat wisata di Pulau Sumbawa yang paling dikenal oleh orang lain adalah Pulau Moyo. Daya tarik yang dimiliki Pulau Moyo antara lain keindahan bawah lautnya. Sembari snorkeling atau diving, Anda dapat menikmati keindahan terumbu karang dan Iakn-ikan tropis yanvg cantik. Di tempat ini terdapat berbagai keindahan seperti Pemandian Indah Air terjun Mata Jitu tepatnya di Desa Ai bari, Pantai Tanjung Pasir yang berada di ujung selatan Pulau Moyo, dan masih banyak lagi objek wisata di Pulau Moyo.
PULAU MOYO 
2.      GILI KERAMAT DAN GILI BEDIL
Jika bali punya Tiga Nusa, Lombok punya Tiga Gili maka Sumbawa punya Duo Gili yang tidak kalah indahnya dengan yang ada di pulau lainnya. Gili pertama Gili Keramat. Gili keramat merupakan pulau yang tidak berpenghuni di Labuhan Bajo, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa, NTB dengan keindahannya membuat wisatawan betah berada di tempat ini.Gili kedua Gili Bedil yang berada disebelah Gili Keramat dan hanya dipisahkan oleh selat yang sempit. Gili bedil juga memiliki keindahan di luar dan di dalam laut. Wisatawan yang berkunjung di dua pulau ini harus menyewa perahu.

GILI KERAMAT
GILI BEDIL

3.      AIR TERJUN AGAL
Air terjun ini berada di punggung gunung dan membutuhkan waktu trekking selama 2 jam untuk bisa melihat kecantikannya. Air terjun ini belum dikembangkan sebagai tujuan wisata sehingga suasana alami dan menyatu dengan alam sangat kental terasa saat berada di bawah air terjunnya.

AIR TERJUN AGAL

4.      PANTAI KENCANA
 Pantai yang mudah dijangkau terletak di Kecamatan Lbuhan Batas, Sumbawa, NTB. Pantai yang terdapat hotel-hotel beserta restoran  dan kolam renang serta spot foto yang indah. Biasanya tujuan utama para keluarga saat ingin menikmati weekendnya dengan bersantai-santai.

PANTAI KENCANA

5.      KEUNIKAN ISTANA TUA DALAM LOKA
Istana Tua Dalam Loka didirikan pada tahun 1885 M  pada masa pemerintahan Sultan Muhammad Jalaluddin Syah III. Istana yang di bangun dari kayu ini terdiri dari 99 tiang yang diartikan sesuai dengan  Asmaul Husna . Jika ingin masuk kesini harus meminta izin dulu dan jika sudah berada di dalam Istana ini tidak boleh ada keributan. Istana Tua Dalam Loka ini berlokasi di Jl. DR. Wahidin, Brang Bara, Kec. Sumbawa, Kabupaten Sumbawa, NTB.


ISTANA TUA DALAM LOKA


          Itulah sebagian tempat wisata yang terdapat di Pulau Sumbawa. Datanglah ke Pulau Sumbawa untuk melihat keindahan yang lainnya. Buat tujuan liburan mu ke Pulau Sumbawa daalam daftar tempatnya.



Ditulis Oleh Risky Danamoika Pratiwi Kelas A

Komentar

Postingan Populer