Mengenal Kota Sumbawa

Sumbawa adalah salah satu pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang sering disebut Pulau Sumbawa. Sumbawa dikenal Kota yang indah, aman dan nyaman untuk berlibur serta memiliki  berbagai keunikan budaya dan tradisi. Masyarakat Sumbawa dikenal dengan rasa enggannya terhadap orang lain serta dalam penyambutan orang dilakukan secara baik. Dalam keseharian  masyarakat Sumbawa terdapat juga ciri khasnya dalam sopan santun yaitu jika saat mereka berjalan melewati orang-orang, masyarakat Sumbawa tersenyum lalu agak menunduk sambil meluruskan tangannya disamping lutut dan berucap tabe’. Sikap tabe’ adalah serupa dengan sikap mohon ijin atau mohon permisi ketika hendak melewati orang-orang yang usianya lebih tua ataupun dituakan.
Salah satu tradisi Sumbawa yaitu Festival Moyo merupakan festival tahunan yang di adakan oleh pemerintah daerah kabupaten sumbawa . Pada festival ini seluruh tradisi asli setiap daerah yang ada di Kabupaten sumbawa ditampilkan. Festival ini dinamakan Festival Moyo karena di pulau Sumbawa terdapat sebuah pulau yang memiliki keindahan dan nilai exotisme yang tinggi dibalut dengan keindahan panorama alam dan keindahan bawah laut yang memukau. Pulau ini disebut Pulau Moyo yang tidak dikenal di nasional saja tetapi internasional juga karena para tourist juga sering datang ke Kota Sumbawa untuk berlibur.
Di dalam festival moyo menampilkan berbagai kreasi budaya seperti jelajah wisata, main jaran, barapan kebo, tari tradisional sumbawa, samawa basarunai, rabalas lawas (balas pantun) dan lain-lain. Festival Moyo ini berlangsung selama 10 hari. Ketika acara ini, orang-orang selalu berbondong-bondong untuk menyaksikannya tradisi tersebut. Selain Festival Moyo, Sumbawa juga terkenal dengan keindahan alam yang masih alami seperti pantai-pantai, air terjun, yang sering dikunjungi oleh masyarakat sumbawa. Setelah mengetahui festival moyo dan keindahan sumbawa besar ,kota ini juga memiliki makanan khas Sumbawa seperti sepat, singang, pelu, gecok, serta jajanan-jajanan khas Sumbawa seperti bulu berai, dange dan masih banyak lagi.
 Itulah perkenalan singkat tentang  Kota Sumbawa. Ayooo ke Sumbawa lihat keindahan alam yang masih alami dan lihat budaya Sumbawa serta kenali Sumbawa secara langsung.


Ditulis Oleh Risky Danamonika Pratiwi Kelas A

Komentar

Postingan Populer